Tips Terbaru Untuk Menjaga, Merawat, dan Mengatasi Masalah Kewanitaan

Latest Updates Tips Keputihan!

We'll not spam mate! We promise.

Jumat, 27 Januari 2017



Penyakit Keputihan - Keputihan (Flour Albus) itu sebenarnya bukanlah merupakan suatu penyakit akan tetapi merupakan manifestasi gejala penyakit sistem reproduksi wanita. Dengan ditandai dengan keluarnya cairan dari kewanitaan (vagina) yang bukan berupa darah ataupun air kencing berwarna kekuning-kuningan, dan bentuknya cair hingga kental.


Penyakit Keputihan
Penyakit Keputihan


Penyakit Keputihan Menurut Jenisnya

Ada dua jenis jenis Keputihan yaitu keputihan fisiologis (normal) dan keputihan patologis (abnormal).  Keputihan terjadi hampir pada semua wanita dan ibu hamil akan tetapi tidak semua mengetahui fakta dan penanganan yang tepat untuk mengatasi keputihan.Anda juga harus mengetahui bahwa tidak semua keputihan berbahaya ada pula keputihan yang lumrah di alami oleh seluruh wanita.


Penyakit Keputihan Fisiologis (Normal)

Keputihan jenis ini tidaklah berbahaya, meskipun demikian sering kali membuat Wanita tidak nyaman dan dapat menurunkan rasa percaya diri. Keputihan fisiologis dapat dialami oleh wanita normal yang akan haid atau telah haid.  

Keputihan terjadi pula pada masa pubertas dan masa mendekati monopouse. Keputihan juga bisa terjadi karena anda sedang mengalami stress atau anda sedang hamil. Adapun ciri-ciri keputihan fisiologis adalah sebagai berikut :
  • Organ kewanitaan Vagina mengeluarkan cairan yang berlebihan
  • Tidak menyebabkan gatal pada daerah vagina
  • Cairan berwarna bening
  • Tidak bau amis
Walaupun keputihan jenis ini aman, itu bukan berarti organ kewanitaan anda tidak terancam karena bagaimana pun menjaga kebersihan organ kewanitaan adalah hal yang harus dilakukan oleh wanita dalam menjaga agar area kewanitaan bersih dan tidak terkontaminasi dengan bakteri, jamur dan virus.


Penyakit Keputihan Patologis

Keputihan (yang Abnormal) jenis ini yang seringkali dianggap remeh dan dianggap penyakit keputihan biasa, padahal jika dibiarkan tanpa pengobatan dan pencegahan maka akan semakin memperburuk keputihan patologis. Penyebab dari keputihan patologis yaitu adanya perubahan kelembzaban vagina yang meyebabkan terganggunya perkembangan bakteri normal. 

Ada beberapa infeciri-ciri penyakit keputihan,menyembuhkan penyakit keputihan pada wanita,penyebab keputihan pada wanita,penyebab penyakit keputihan,penyakit keputihan dan obatnya,pengobatan keputihan pada wanita,penyakit keputihan pada wanita,obat penyakit keputihan pada wanitaksi yang ditimbulkan oleh bakteri, jamur dan virus yaitu contohnya adalah:
  • Infeksi jamur adanya infeksi jamur menyebabkan anda mengalami keputihan berwarna putih kekuningan , cairan kental, terjadi pembengkakan vulva dan mengalami gatal dan nyeri pada daerah vulva.
  • Vaginosis Bakterialis(VB).  Ada beberapa bakteri penyebab keputihan yaitu Gardnerella, Mobiluncus, Bacteriodes,Mycoplasma. Adapun ciri-ciri nya jika keputihan anda disebabkan oleh infeksi bakteri adalah keluar cairan berwarna putih keabuan, berbau, gatal, kemerahan dan terjadinya pembengkakan pada bibir vagina.
  • Trichomoniasis . Jika anda mengalami keputihan dengan tanda-tanda berwarna kekuningan atau kehijauaan, lendir berbusa, bau amis, nyeri kemih dan gatal.
  • Gonorrhea. Cairan vagina anda mengalami perubahan warna menjadi keabuan atau kekuninngan kemudian keluarnya darah diantara siklus haid dan gangguan air kecil.
  • Adapun infeksi yang ditimbulkan oleh bakteri lain seperti gonococcus,Chlamydia trichomatis,Gardenella, dan Treponema pallidum. Disebabkan oleh jamur misalnya Candida infeksi dan disebabkan virus kondiloma acuminata dan herpes.

Penyebab Penyakit Keputihan

Penyebab keputihan yaitu secara internal menyangkut kebersihan area kewanitaan dan faktor luar diri yang menyangkut kebersihan dan lingkungan :
  • Infeksi yang disebabkan jamur , bakteri atau virus. Mengakibatkan kuman baik menurun sehingga terjadi nya perkembangan bakteri jahat (patogen) meningkat, sehingga menyebabkan pH kewanitaan anda meningkat.
  • Kurang menjaga kebersihan. Tidak dapat menjaga kebersihan pada area kewanitaan anda akan menimbulkan masalah keputihan sehingga bakteri jahat (patogen) meningkat mengakibatkan terjadinya infeksi yang mudah menyebar ke area kewanitaan.
  • Antibiotik dan Pil KB dalam kurun waktu lama. Konsumsi antibiotik dan pil Kb dalam waktu lama akan menimbulkan keputihan hal ini dikarenakan antibiotik dapat mengakibatkan adanya sistem imunitad dalam tubuh. Penggunaan KB pun akan mengakibatkan terganggunya keseimbangan hormonal.
  • Stress. Stress akan mengakibatkan semua organ tubuh yang dipengaruhi otak mengalamiu perubahan keseimbangan dan menimbulkan keputihan.
  • Adanya benda yang masuk ke dalam vagina. Keputihan juga dapat diakibatkan oleh tampon, masuknya rambut kemaluan, alat kontrasepsi, iritasi yang berlangsung lama .

Cara Mengatasi Penyakit Keputihan

  • Hindari penggunaan sabun antiseptik yang terlalu sering karena akan menganggu kestabilan ph kewanitaan anda yang menyebabkan bakteri baik anda terganggu.
  • Usahakan untuk tidak menggunakan bedak di vagina karena akan mengundang jamur dan bakteri yang menempel dan menjadi tumpukan di vagina
  • Usahakan vagina anda selalu kering sebelum menggunakan celana dalam.
  • Jangan menggunakan celana dalam yang lembab dan bahan tidak menyerap keringat.
  • Sering menggunakan pembalut saat anda menstruasi.


0 komentar :

Posting Komentar



Copyright © 2016 - Tips Keputihan
(Terimakasih Telah Berkunjung Ke Situs Kami)
Design By : SafeTips Keputihan & Tips Keputihan | Powered By: Blogger